02 September 2011

Episode 1 : Tahlilan di Kandang Biru


Selamat pagi.

Sapi , kambing dan domba tahlilan di kandang biru. 
Mereka ga bisa baca Yassin. Manusia yang baca Yassin. Di kandang Biru penghuninya tahu kalo tempat baru harus di bacakan doa. Bukan minta ma leluluhur, bakar menyan dan mandi kembang. Tapi minta doa sama Tuhan supaya di berkahi kandang biru.

Seperti ibu ibu desa sebelah. Penghuni Kandang Biru juga beli bahan ke pasar buat selametan. Kalo pak SBY kemaren ulang tahun, para aktifis menggunduli kepalanya depan kantor KPK, para ternak menolak. Sama menolaknya rakyat ketika dikasih petisi BBM naik. Pada ogah.


Mereka sombong. Sama Sombongnya dengan para pemimpin partai penguasa yang gampang bicara dan berkelit. Aku kenal ular warna putih-hitam-merah yang tinggal di pohon oak depan kandang, dia itu sombong juga. Kalo di panggil kambing, dia cuma mengintip dari dahan. Kambing bingung, kenapa betah di pohon, padahal tikus ga lewat situ.

sama bingungnya dengan rakyat kenapa mereka betah jadi anggota dewan.

Kandang biru ga undang siapa siapa waktu tahlilan. penghuninya ya makhluk sekitar kandang biru.

Hewan hewan itu secara tidak langsung tidak perlu di undang. Mencium bau enak saja, mereka datang tanpa di undang. Lihat di sekeliling mu, teman teman mu apakah sama?

Malam itu cuma ada kucing orange, kucing putih, kodok dan anaknya yang masih bayi, beberapa ekor ayam tetangga-Entahlah mereka sudah izin atau belum-, tupai warna coklat tua yang tinggal di pohon cemara 3 blok dari sini, dan bebek lliar yang biasa bergosip depan kandang tiap minggu pagi.

Aku bawa rumput muda, tua dan beberapa ilalang yang sore tadi aku cari.
Kambing tadi cari beberapa daging bekas yang di ambil di toko daging di pinggir kota. 
Sapi bawa beras dan beberapa gandum.
Domba... Dia terlalu sibuk dengan buku yang di terimanya tadi siang, unta muda betina memberi pinjaman buku tentang twitter. Domba lagi cari filosofi tentang ReTweet. 

Tetap yang baca doa manusia. Hewan mengerti saat orang baca doa. Mereka diam, tidak putar putar piring. tidak mengunyah. 

Selesai berdoa. Mereka makan. Sapi makan Rumput, Kambing makan kembang. Domba masih baca buku.
Aku makan salad. Kucing makan daging yang di bawa kambing. Bebek dan ayam makan beras. sisanya juga makan.

Hari itu kita selametan kandang. Telat kata kambing. Memang, kita sudah menempatinya 1 bulan 18 hari. Semenjak ada badai, kita pindah kandang. juga pindah rumah.

Sapi, Kambing dan Domba masih banyak cerita untuk aku dengar. Aku hanya bisa mendengar mereka bercerita.
Saya suka cerita mereka. Cerita tentang hidup.


To be Continued...
Next, tunggu Episode selanjutnya yah. Kalo yang suka, komen ya. :)
Follow twitter gue di @issaDRT

Selamat Pagi!

Salam Kandang Biru. :D

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar mu, nanti di kunjungi balik kok :)